5 Penyebab Baterai Hp Cepat Habis Dan Cara Mengatasinya

warna.jejakblog.net – Bagi perangkat mobile seperti ponsel dan smartphone, baterai merupakan komponen utama yang sangat diperlukan untuk menunjang kinerja perangkat tersebut. Bagi Anda yang menggunakan ponsel mungkin akan sering merasa bahwa baterai yang dimilikinya menjadi cepat habis meski penggunaannya tidak terlalu sering.

BACA JUGA : Aplikasi Penghasil Uang Terbaik 2021 Misi Cuman Nonton Vidio Di Bayar  

Penyebab Baterai Hp Cepat Habis Dan Cara Mengatasinya

Daya konsumsi baterai biasanya dipengaruhi oleh sejumlah faktor mulai dari penggunaan yang terlalu sering dan intensif ataupun juga faktor lainnya. Jika baterai ponsel yang Anda miliki terasa begitu cepat habis, berikut adalah beberapa kemungkinan penyebabnya yang perlu Anda ketahui.

1. Tingkat Kecerahan Layar Yang Terlalu Tinggi

Salah satu penyebab konsumsi daya baterai menjadi boros namun tidak banyak disadari oleh pemilik smartphone adalah karena tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi. Layar yang terlalu cerah bisa memberikan dampak berupa konsumsi baterai yang tinggi pula sehingga mengakibatkan ponsel tersebut menjadi cepat habis.

BACA JUGA : Cara Dapat 100rb-2Juta Per Hari Dari Trading Broker Forex Tanpa Deposite | Apk Penghasil Saldo Dana Tercepat Tanpa Undang Teman

Jika Anda merasakan bahwa daya baterai Anda menjadi cepat habis, silakan coba periksa tingkat kecerahan layar yang dimiliki oleh ponsel Anda. Jika terlalu cerah, maka bisa disesuaikan dengan kondisi pencahayaan yang ada pada lingkungan Anda. Jika terlalu ribet untuk mengatur tingkat kecerahan layar, Anda bisa menyalakan fitur kecerahan otomatis yang umum dimiliki olehh tiap-tiap ponsel pintar.

2. GPS Yang Terus Aktif Tanpa Disadari

Penyebab baterai hp cepat habis yang berikutnya adalah karena fitur GPS yang aktif sepanjang hari dan tidak Anda sadari. GPS sendiri bergina untuk melacak posisi Anda dan ia akan terus bekerja ketika terhubung dengan internet. Oleh karena ia bekerja secara terus-menerus maka ia akan menyedot daya baterai secara cukup besar yang berakibat pada pemborosan daya baterai.

Untuk mengatasinya, pastikan Anda hanya menyalakan GPS ketika benar-benar sedang digunakan saja agar baterai yang Anda miliki menjadi lebih hemat dan juga awet.

3. Aplikasi Berjalan Di Belakang Layar

Adanya aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang layar juga bisa menjadi penyebab mengapa ponsel Anda menjadi lebih boros baterai. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua aplikasi yang selesai digunakan dan tutup akan berhenti begitu saja. Beberapa diantaranya bahkan tetap bekerja dibelakang layar untuk tujuan tertentu.

Silakan Anda bisa pergi ke bagian pengaturan baterai yang ada di IOS atau Android Anda untuk melihat aplikasi mana saja yang mengonsumsi daya baterai cukup besar. Kemudian silakan matikan aplikasi-aplikasi yang bekera dibelakang layar tersebut untuk menghemat baterai. Pastikan Anda hanya mematikan aplikasi dibekalang layar yang memang tidak penting.

4. Sedang Mengalami Kondisi Susah Sinyal

Penyebab lain yang bisa memicu baterai ponsel menjadi boros adalah karena Anda sedang mengalami susah sinyal. Ketika sinyal dilingkungan Anda cukup rendah dan sukar maka ponsel akan menggunakan lebih banyak daya untuk mencoba terhubung ke BTS terdekat sehingga baterai menjadi boros.

Jika Anda berada dalam lingkungan yang sudah sinyal, sebaiknya menyalakan mode terbang (mode pesawat) untuk mengurangi kinerja ponsel dan menghemat baterai. Lalu jika sudah berada dilokasi yang mudah sinyal, Anda bisa melakukan re-start jaringan.

5. Penggunaan Yang Berlebihan

Penggunaan ponsel yang berlebihan juga bisa menjadi penyebab perangkat Anda boros baterai. Misal Anda menggunakan ponsel tersebut untuk bermain game selama berjam-jam, menonton video streaming, dan ataupun aktivitas berat lainnya. Hal ini bisa menjadi alasan mengapa ponsel begitu cepat habis baterainya.

Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan ponsel secara wajar dan tidak berlebiha. Jangan terlalu membuat ponsel menjadi panas karena selain bisa merusak perangkat  juga membuat baterai menjadi semakin boros.

Itulah beberapa penyebab baterai hp cepat habis dan cara mengatasinya yang perlu Anda ketahui. Kini dengan beberapa ulasan di atas, Anda tidak perlu bingung jika ponsel mengalami  cepat habis baterai dan cara mengatasinya.

About admin

Check Also

5 Cara Ubah Jaringan 4G ke 5G Secara Mudah dan Akurat

warna.jejakblog.net– Pemakaian teknologi 5G sudah semakin banyak diaplikasikan di berbagai aplikasi smarthome maupun smartphone. Kemampuan teknologi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *