Aplikasi Tabung Elektron Pertama Diterapkan dalam Pesawat Radio

WarnaBlog – Elektron yaitu partikel bermuatan arus listrik lemah karena tidak ada substruktur. Aplikasi tabung elektron pertama diterapkan dalam pesawat radio.

Artikel Banyak Di Baca Dan Banyak Diminati:

Sifat elektron bebas, tidak terikat pada inti atom. Bentuknya seperti bola dengan energi berbeda-beda. Arah aliran elektron berlawanan arus listrik konvensional. Aplikasi tabung elektron pertama diterapkan di radio tahun 1896.

Aplikasi tabung elektron pertama diterapkan dalam

Mengenal Aplikasi Tabung Elektron Pertama Diterapkan dalam Pesawat Radio

Elektronika adalah benda bermuatan listrik, terdiri dari tiga bagian, yaitu tabung vakum atau hampa udara, transistor dan sirkuit terpadu. Temuan tentang elektron pertama dipelajari oleh Thomas Alfa Edison tahun 1886 dan disebut efek Edison.

Prinsip temuannya adalah elektron dapat pindah dari satu konduktor ke konduktor yang lain. Konduktor merupakan media pengantar elektron. Aplikasi tabung elektron pertama diterapkan dalam bidang komunikasi namun masih sederhana.

Temuan Edison diterapkan John Fleming pada tahun 1904 dengan menemukan tabung elektron dua elemen atau dioda.Tahun 1906 Lee De Forest menemukan trioda, tabung tiga elemen. Radio adalah perangkat menggunakan elektron.

Tabung gambar dan kamera iconoscope ditemukan oleh Vladimir Zworykin, insinyur di Radio Corporate of America (RCA).  Televisi sendiri keluarkan oleh Bell Laboratories pada tahun 1927.

Pada tahun 1952 Geoffrey W.A Dummer mengusulkan konsep sirkuit terpadu. Sirkuit ini menghasilkan fungsi elektronik dalam bentuk jadi. Sebagian sirkuit juga dalam bentuk setengah jadi.

Tabung elektron adalah tabung hampa udara, berupa elektroda yang menghasilkan elektron. Bahan adalah kaca, logam dan keramik. Bagian yang memancarkan elektron, disebut katoda dan yang menangkap disebut anoda.

Ada dua jenis katoda, pertama, dipanaskan langsung, dari kawat, karbon dan oksida. Kedua, tidak langsung dipanaskan, dari emissive dan heater. Aplikasi tabung elektron pertama di dunia yang diterapkan dalam komunikasi sederhana.

Anoda berbentuk silinder atau kotak. Elektron yang ditangkap anoda menimbulkan panas. Agar komponen tidak rusak perlu pendingin. Pendingin terdiri dari blower atau kipas, cairan dan konduktor. Fungsinya adalah memindahkan panas.

Guglielmo Marconi, pakar ahli dari Italia mulai pengembangan wireless telegraph yang disebut radio. Aplikasi tabung elektron pertama kemudian disusul dengan temuan berikutnya.

Komponen Elektronik Aplikasi Tabung Elektron

Berbagai perangkat diciptakan dengan komponen dasar elektronik. Hasil rakitan tersebut berfungsi mengendalikan aliran elektron bermuatan listrik. Komponen elektronik terdiri dari:

Saklar

Saklar disebut juga On/Off, merupakan bagian yang menghubungkan atau memutuskan aliran listrik. Aplikasi tabung elektron pertama diterapkan dalam alat komunikasi radio juga menggunakan saklar.

IC (integrated Circuit)

Merupakan rangkaian transistor untuk penguat, switching, pengontrol, dan penyimpan. IC merupakan semi konduktor dan sensitif terhadap ESD (Electro Static Discharge). Dapat dikatakan, IC adalah otak dari peralatan elektronik.

Transistor

Transistor ditemukan pada tahun 1947 oleh insinyur dari Bell Laboratories. Fungsinya sebagai penguat, pemutus dan penyambung arus, stabilisasi tegangan dan modulasi signal. Transistor terbuat dari bahan bersifat semi konduktor.

Bentuk transistor berupa tiga kaki yaitu basis (B), emitor (E) dan kolektor (K).  dengan adanya transistor memungkinkan perkembangan komputer digital yang murah dan bersifat komersil.

Dioda

Dalam aplikasi tabung elektron pertama diterapkan dalam radio ada komponen dioda. Sifat dioda adalah semikonduktor. Fungsinya mengalirkan arus listrik dari satu arah dan menghambat arah yang lain. Dua jenis dioda, yaitu katoda dan anoda.

Inductor

Nama lain induktor adalah koil atau kumparan. Komponen ini banyak ditemukan dalam alat elektronik yang berkaitan dengan frekuensi. Fungsi induktor adalah alat pengatur frekuensi, filter dan penyambung.

Kapasitor

Kapasitor disebut kondensator. Fungsinya menyimpan energi atau muatan listrik sementara waktu dan sebagai filter dalam power supply. Pada rangkaian tuner, kapasitor berfungsi memilih gelombang radio. Satuan nilainya adalah Farad (F).

Aplikasi tabung elektron pertama diterapkan dalam radio jua menggunakan kapasitor sebagai salah satu komponennya. Cara kerja kapasitor dengan mengumpulkan ketidakseimbangan internal muatan listrik.

Resistor

Adalah komponen yang berfungsi menghambat arus listrik. Terdapat lingkaran warna yang menunjukkan kekuatannya. Satuan hambatannya disebut Ohm (Ω). Aplikasi tabung elektron pertama diterapkan dalam radio menggunakan resistor.

Resistor mempunyai dua pin. Resistensi atau tahanan diproduksi pada kedua pin tersebut.  Semakin besar arus listrik yang mengalir, ketahanan atau resistensinya juga naik.  Nama lain resistor adalah hambatan.

Ada dua jenis resistor, yaitu tetap dan  variabel. Resistor tetap bisa dibuat dari bahan kawat, karbon atau paduan logam. Panjang dan tebal bahan menentukan besarnya hambatan.

Nama lain resistor variabel yaitu potensiometer. Sesuai namanya, besarnya hambatan dapat diubah. Jenisnya adalah KSN atau koefisien suhu negatif, LDR atau light dependent resistor dan VDR atau voltage dependent resistor.

Ilmu yang mempelajari tentang elektron terus dikembangkan. Banyak temuan yang mendasari dibuatnya alat-alat komunikasi yang lebih baik. Pengguna alat-alat tersebut juga semakin banyak.

Aplikasi tabung elektron pertama diterapkan dalam pesawat radio, menjadi awal perkembangan teknologi komunikasi. Berbagai alat diciptakan dengan menggunakan prinsip elektron. Sampai saat ini alat tersebut terus dikembangkan.

About admin

Check Also

Review aplikasi Bulutangkis Liga

Review Aplikasi Bulutangkis Liga, Real Game yang Dimainkan Pecinta Badminton

warnablog – Review aplikasi Bulutangkis Liga dibuat untuk Anda yang mungkin sedang mencari game yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *