Begini Review Aplikasi PeduliLindungi, Lawan Corona dengan Teknologi

warnablog – Review Aplikasi PeduliLindungi. Pandemi Covid-19 sudah dua tahun melanda Indonesia. Berbagai aksi dan program pemerintah telah digalakkan untuk melawan wabah corona ini.

Artikel Banyak Di Baca Dan Banyak Diminati:

Adalah aplikasi peduli covid yang diberi nama PeduliLindungi, sebuah karya anak bangsa yang mendukung program pemerintah dalam rangka mencegah dan menangani Covid-19.

Kemenkominfo dan PeduliLindungi

Menteri komunikasi dan informatika, Johnny Gerard Plate, pada tanggal 27 Maret 2019, resmi meluncurkan aplikasi PeduliLindungi. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai review aplikasi PeduliLindungi.

Bagaimana cara kerja aplikasi ini?

Aplikasi ini bekerja menggunakan bluetooth pada smartphone. Ada 3 prinsip kerja dari aplikasi PeduliLindungi. Apa saja itu? Simak ulasannya!

  1. Tracing (penelusuran)

Yaitu menelusuri atau merekam keberadaan pengguna selama 14 hari terakhir. Kemana saja riwayat pengguna bepergian selama 2 pekan terakhir, terekam di aplikasi ini.

  1. Tracking (pelacakan)

Sistem aplikasi akan melacak status  orang  yang ada disekitar pengguna, yang sama-sama menggunakan aplikasi ini. Kemudian menyimpan status orang tersebut melalui ID anonym.

  1. Fencing (pembatasan)

Cara kerja satu ini akan memberikan warning atau peringatan  kepada pengguna aplikasi, apabila jaraknya dengan orang lain terlalu dekat. Aplikasi ini juga akan memberi notifikasi jika pengguna masuk atau berada dalam zona merah.

Saat aplikasi ini dipublikasikan, pada 2019. Menteri Kemenkominfo mengemukakan, penentuan zona merah, kuning, atau hijau masih dikomunikasikan dengan Kementerian Kesehatan.

Informasi  Tentang Aplikasi PeduliLindungi

Adapun informasi lebih lanjut tentang aplikasi pedulilindungi adalah:

  • Informasi Data Pengguna Terenkripsi

Masyarakat khawatir dengan menggunakan bluetooth, data pribadi pengguna akan bocor. Pada tulisan review aplikasi PeduliLindungi ini, seperti yang diinformasikan Menteri Kemenkominfo, Johnny G. Plate, dari website resmi www.pedulilindungi.id

Bahwa data pengguna aman disimpan dalam format terenkripsi, dan tidak akan dibagikan ke orang lain. Data pengguna akan diakses, hanya jika pengguna terindikasi terpapar Covid-19 dan perlu segera dihubungi tenaga kesehatan. Review Aplikasi PeduliLindungi

Apa maksud dari terenkripsi?

Bisa jadi, pembaca review aplikasi PeduliLindungi ini, masih ada yang belum familiar atau asing dengan kata terenkripsi. Terenkripsi secara sederhana, dapat diartikan bahwa pesan atau data yang dikirim tidak akan terbaca atau tidak ada yang dapat melihat.

Data terenkripsi hanya dapat dibaca melalui bantuan khusus, atau semacam kode-kode rahasia. Dalam kesempatan review aplikasi PeduliLindungi, ada beberapa negara yang lebih dulu telah memiliki aplikasi canggih ini.

  • Informasi Aplikasi Sejenis di Negara Lain

– Singapura

Sebelum Indonesia, negara tetangga, Singapura, telah memiliki aplikasi yang mirip seperti PeduliLindungi. Namanya, Trace Together. Secara kinerja aplikasi ini hampir sama seperti yang dibuat Indonesia.

Trace Together mendeteksi pengguna lain dalam radius 2 meter. Lalu, melacak siapa saja yang melakukan kontak dekat selama 30 menit terakhir. Review Aplikasi PeduliLindungi

– Tiongkok

Aplikasi ini bernama Close Contact Detector. Cara kerja aplikasi ini, akan memberi peringatan jika ada 3 orang yang saling berdekatan. Juga memberi peringatan jika ada orang di sekitarnya yang terinfeksi. Close Contact Detector bisa mengetahui status orang yang sudah terinfeksi atau yang masih berstatus ODP (orang dalam pengawasan) atau PDP (pasien dengan demam).

Pembahasan review aplikasi PeduliLindungi akan berlanjut membahas tentang fitur yang ada di dalamnya. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Pendaftaran Vaksin

PeduliLindungi juga dapat digunakan sebagai aplikasi peduli vaksin. Ini berfungsi untuk mengetahui status vaksinasi pengguna. Caranya hanya dengan memasukkan NIK dan nama lengkap pengguna. Aplikasi PeduliLindungi vaksin ini akan menampilkan informasi sudah berapa dosis vaksin dari identitas tersebut.

  • Teledokter

Jika pengguna merasa sedang tak enak badan, dan khawatir terkena covid, pengguna dapat mengecek kondisinya sendiri lewat fitur teledokter. Apabila terindikasi covid, petugas kesehatan akan menghubungi pengguna, dan akan menyampaikan apa saja yang harus dilakukan penderita.

Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi juga berkaitan dengan bluetooth. Oleh karena itu, Anda harus tahu bagaimana cara menggunakan bluetoot yang tepat saat mengaplikasikan PeduliLindungi.

Tips Menggunakan Bluetooth

Pertukaran data lewat bluetooth tidak mudah begitu saja. Jika ada 2 perangkat ingin bertukar data. Satu sama lain harus ada izin mengirim dan menerima. Salah satu perangkat harus menyetujui dulu untuk bertukar data, barulah data itu bisa diterima.

Terkait data khawatir bocor, jika pengguna tidak menyetujui, atau no accept, maka tidak akan terjadi pertukaran data. Informasi pribadi pengguna akan tetap tersimpan. Begitu juga halnya tentang data enkripsi.

Informasi mengenai data pengguna hanya disimpan selama 14 hari. Ini hanya akan diakses jika pengguna memiliki resiko terpapar Covid-19. Tips menggunakan bluetooth: selalu menghidupkan mode hemat daya selama menggunakan aplikasi untuk menghemat baterai.

Teknologi untuk Kesehatan

Dalam menangani pandemic Covid-19, pemerintah tidak hanya support materi dan non materi. Namun juga dari teknologi digital turut menyumbang ide guna menekan jumlah orang yang terjangkit virus corona.

Aplikasi ini cocok digunakan bagi siapa saja, terutama bagi yang masih sering keluar rumah. Contoh, untuk bekerja yang bepergian keluar kota, berbelanja, atau berkegiatan yang sering bertemu banyak orang.

Demikian Review Aplikasi PeduliLindungi, semoga bermanfaat…

About admin

Check Also

Review aplikasi Bulutangkis Liga

Review Aplikasi Bulutangkis Liga, Real Game yang Dimainkan Pecinta Badminton

warnablog – Review aplikasi Bulutangkis Liga dibuat untuk Anda yang mungkin sedang mencari game yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *